Pages

Tuesday, December 31, 2019

Cara Membangun Ikatan Batin Orang Tua dengan Anak

Cara Membangun Ikatan Batin Orang Tua dengan Anak

Penting membangun ikatan orang tua dan anak (Deposit Photos)

TABLOIDBINTANG.COM - Sebelum mempunyai anak, mungkin orang berpikir bahwa begitu anak dilahirkan makan sebagai orang tua Anda sudah pasti mempunyai ikatan batin dengan anak. Pada kenyataannya, membangun ikatan batin dengan anak bukan hal yang bisa dilakukan dalam waktu semalam.

Butuh konsistensi bertahun-tahun untuk memastikan anak dan anak memiliki ikatan batin atau bonding yang kuat satu sama lain. Meski tidak mudah, membangun ikatan batin yang positif dengan anak juga bukanlah hal yang sulit atau memberatkan.

“Orang tua yang dengan tulus mau melihat dunia melalui sudut pandang anak, mau berbagi kesenangan dan kesulitan bersama anak, tidak akan mengalami masalah dalam membangun ikatan batin dengan anak,” kata Dr. Forrest Talley, psikolog klinis diInvictus Psychological Services di California, AS.

Sementara itu menurut terapis anak-anak dan dewasa, Lauren Mosback, tidak peduli apapun yang Anda kerjakan, terus membuka komunikasi dengan anak adalah terpenting yang bisa Anda lakukan untuk mendukung ikatan batin yang kuat dengan anak selama mereka bertumbuh dewasa.

“Klien saya yang mempunya ikatan batin terkuat dengan orang tuanya rata-rata mempunyai orang tua yang terus membuka pintu komunikasi,” ungkap Lauren Mosback.

Ketika orang tua membuka pintu komunikasi yang luas, anak tidak segan bercerita apapun sehingga tidak ada hal yang disembunyikan. Dengan begini orang tua dan anak bisa lebih saling memahami anak dan terhubung satu sama lain.

“Anak-anak ini merasa mereka bisa mendiskusikan hampir semua hal dengan orang tuanya dan ketika orang tua juga menciptakan batasan dan ekspektasi yang sehat, mereka akan menghormati pemikiran anak, memvalidasi emosi mereka, dan menghargai kejujuran anak,” tandas Lauren Mosback.

(riz)

Rekomendasi

Let's block ads! (Why?)

https://aura.tabloidbintang.com/articles/parenting/141209-cara-membangun-ikatan-batin-orang-tua-dengan-anak

No comments:

Post a Comment