Pages

Wednesday, March 20, 2019

Kiat Merapikan Rumah dari Marie Kondo: Metode KonMari

Kiat Merapikan Rumah dari Marie Kondo: Metode KonMari

Konsultan penataan ruang ternama asal Jepang, Marie Kondo, punya kiat agar rumah tetap rapi.

TABLOIDBINTANG.COM - Membereskan rumah merupakan perkara gampang-gampang susah. Para ibu kerap mengeluhkan rumah kembali berantakan, padahal baru saja dibenahi. Ditambah lagi dengan tumpukan mainan anak yang kian hari makin bertambah.

Konsultan penataan ruang ternama asal Jepang, Marie Kondo, punya kiat agar rumah tetap rapi. Marie mengingatkan, semua anggota keluarga bisa diajak terlibat dalam membereskan rumah, termasuk anak.

"Sangat penting bagi setiap orang bertanggung jawab membuat keputusan mengenai barang-barang miliknya," jelas wanita yang terkenal lewat buku "The Life-Changing Magic of Tidying Up" ini. Sebelum mengajak anak menata barang miliknya, orang tua harus menata barang mereka terlebih dulu.

Untuk merapikan rumah, Marie mengenalkan metode KonMari. Metode ini dimulai dengan menata pakaian, buku, dokumen, barang kecil lainnya, dan terakhir barang yang sentimental. Kuncinya, menata barang harus dilakukan per kategori, bukan dari satu ruang ke ruang lain. 

Beda dengan metode menata lainnya, Marie fokus ke barang yang memang ingin disimpan.

"Jangan memilah barang yang ingin disingkirkan, fokus hanya ke barang yang akan disimpan. Anda dan keluarga hanya boleh menyimpan barang yang membawa perasaan suka," beri tahu Marie.

Menurutnya, anak berusia 3 tahun sudah bisa bertanggung jawab dan membuat keputusan tentang barang pribadinya. Marie menganjurkan orang tua tidak mencampuri keputusan anak ketika memilah barang, kendati misalnya orang tua tidak suka pada barang yang disimpan anak. 

Sisanya, barang yang tidak terpakai bisa dijual atau disumbangkan. Untuk menanamkan rasa syukur, orang tua bisa mendorong anak berterima kasih kepada barang yang akan dilepas.

"Ingatkan juga kepada anak jika barang ini tidak membawa rasa suka padamu, mungkin barang ini bisa menyenangkan orang lain," papar Marie. 

(yuri / gur)

Rekomendasi

Let's block ads! (Why?)

https://aura.tabloidbintang.com/articles/tip-n-trik/125805-kiat-merapikan-rumah-dari-marie-kondo-metode-konmari

No comments:

Post a Comment