Pages

Saturday, September 29, 2018

Tagar #PrayforSulteng Bergema, Ini Efeknya Bagi Kejiwaan Korban ...

Jakarta - Trending #PrayforSulteng, #PrayforDonggala, dan #PrayforPalu ramai di media sosial, bukan hanya di Indonesia, dunia pun ikut meramaikan tagar ini pasca gempa di Donggala dan tsunami di Palu, Jumat (28/9).

Bukan hanya sekedar tagar, semua akun yang mengunggah tagar ini dibarengi dengan doa yang mereka panjatkan untuk keselamatan dan kesehatan masyarakat di Sulawesi Tengah (Sulteng).

Menurut Psikolog dari Personal Growth, Veronica Adesla, trending semacam itu bisa berpengaruh terhadap kesehatan mental bahkan fisik para korban gempa dan tsunami di sana.

"Doa, ucapan yang memberikan dukungan. Semakin besar tingkat dukungan yang tersedia segera setelah kejadian, maka semakin baik pengaruhnya untuk kesehatan mental dan fisik para korban," ujarnya kepada detikHealth melalui pesan singkat, Sabtu (29/9/2018).

Tak cukup hanya ingin menyampaikan doa, kita juga bisa ikut menyumbang beberapa kebutuhan yang diperlukan para korban di Sulteng. Kepala Pusat Penanggulangan Krisis Kesehatan Kemenkes, Achmad Yurianto mengatakan masyarakat bisa menyumbang kebutuhan yang mendesak.

"Kebutuhan mendesak adalah hunian darurat, seperti tenda, terpal, tikar. Pakaian, makanan siap makan. Obat cukup," tuturnya juga melalui pesan singkat.

Yuk bantu mendoakan saudara-saudara kita di Sulteng agar tetap diberi keselamatan dan kesehatan. Dan semoga tidak ada lagi bencana alam berikutnya. #PrayforIndonesia.

Terkait gempa dan tsunami di Sulawesi ini detikcom menggandeng KitaBisa dan Aksi Cepat Tanggap menggalang donasi untuk meringankan derita para korban. Silakan berdonasi melalui channel di bawah ini.

(wdw/up)

Let's block ads! (Why?)

https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-4234363/tagar-prayforsulteng-bergema-ini-efeknya-bagi-kejiwaan-korban-gempa-tsunami

No comments:

Post a Comment