Pages

Thursday, August 2, 2018

Soal Tagar #2019GantiPresiden, MUI Jatim Tidak Ada Masalah

JawaPos.com - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Timur memliki cara pandang berbeda terkait gerakan tagar #2019GantiPresiden. Jika MUI Jawa Barat telah mengeluarkan larangan, namun MUI Jatim dengan tegas tidak akan mempersoalkan deklarasi gerakan tagar #2019GantiPresiden digelar di Jawa Timur.

Sekretaris Umum MUI Jatim, Ainul Yaqin menjelaskan, Gerakan #2019GantiPresiden itu dinilai konstitusional dalam demokrasi. Asal, tetap dilakukan dengan cara-cara yang baik yang tidak melanggar ketertiban umum.

"Ganti presiden atau tidak ganti presiden itu merupakan hal yang wajar sebagai bagian dari proses demokrasi. Yang penting itu tetap dilakukan dengan cara-cara yang berakhlak dan saling menghargai," kata Yaqin kepada JawaPos.com, Kamis, (2/8).

Menurut Yaqin, MUI merupakan lembaga yang independen. Sehingga sangat tidak elok jika larut dalam politik praktis semacam Gerakan tagar #2019GantiPresiden atau mendukung gerakan sebaliknya, semisal #2019TetapJokowi

"MUI itu lembaga independen, kita tidak akan masuk dalam ranah praktis seperti itu. Biarkanlah proses demokrasi itu berjalan dengan aman tertib dan bisa menghasilkan pemimpin yang kualitas," terangnya.

Kendati demikian, MUI Jatim juga menegaskan akan mengambil sikap tegas dalam perjalanannya gerakan #2019GantiPresiden itu tidak sesuai dengan aturan dan justru menimbulkan kegaduhan.

"Kecuali kalau kemudian ada hal mengancam ketentraman dan ketertiban dan menimbulkan gangguan. Selama masih dalam koridor itu hak siapapun melakukan itu," pungkasnya.

(mkd/JPC)

Let's block ads! (Why?)

https://www.jawapos.com/jpg-today/02/08/2018/soal-tagar-2019gantipresiden-mui-jatim-tidak-ada-masalah

No comments:

Post a Comment