Pages

Thursday, August 2, 2018

Bu, Tak Perlu Panik Kalau Si Buyung Ingin Main Boneka

Bu, Tak Perlu Panik Kalau Si Buyung Ingin Main Boneka

Bu, Tak Perlu Panik Kalau Si Buyung Ingin Main Boneka (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Sepertinya sudah menjadi pandangan umum bahwa mainan punya kecenderungan gender. Mainan boneka atau masak-masakan, misalnya, identik dengan mainan anak perempuan. Sebaliknya mainan mobi-mobilan dan bola hanya untuk anak laki-laki. Karena ada batasan gender ini, orang tua kerap khawatir bahkan panik jika melihat anaknya memainkan permainan yang tidak sesuai gender. Padahal tidak perlu panik lo, Bu!

Dokter tumbuh kembang anak dr. Bernie Endyarni Medise, SpA(K), MPH, mengatakan, ketika anak memilih mainan yang dianggap tidak sesuai dengan gendernya, bukan berarti mereka mempunyai kelainan orientasi. Sebab anak memilih sesuatu hanya berdasarkan naluri dan rasa keingintahuannya yang tinggi. Saat anak laki-laki ingin memainkan boneka, misalnya, kemungkinan besar itu dilakukan karena anak tertarik dengan bentuk boneka yang unik.

(Depositphotos)

(Depositphotos)

“Mempunyai rasa ingin tahu yang tinggi adalah ciri khas anak. Anak akan selalu tertarik terhadap sesuatu yang baru. Dan ingat, apa yang dipikiran orang tua tidak sama dengan apa yang dipikirkan anak, sehingga orang tua tidak perlu panik jika melihat anak laki-laki tertarik main masak-masakan, misalnya,” urai Bernie dalam acara bertajuk The Importance of Physical Development for Kids yang digelar oleh Early Learning Center (ELC) pada Rabu (01/08).

Sejatinya mainan tidak punya kecenderungan gender. Semua anak boleh memainkan apapun yang membuat mereka tertarik, dengan catatan orang tua harus mendampingi. “Karena keberadaan ibu dan bapak akan menjadi role model bagi anak. Sambil bermain, orang tua bisa memberikan pengetahuan tentang peran gender kepada anak. Kalau seketika dibilang jangan, anak justru akan panik,” terang Bernie.

(riz / wida)

Rekomendasi

Let's block ads! (Why?)

https://aura.tabloidbintang.com/articles/parenting/107998-bu-tak-perlu-panik-kalau-si-buyung-ingin-main-boneka

No comments:

Post a Comment