Jakarta, Selular.ID – Menggunakan tagar (#) menjadi salah satu cara warganet terhubung dengan berbagai komunitas dan berbagi informasi dengan orang lain di dunia maya, termasuk di Twitter. Untuk merayakan hari kelahiran tagar, Twitter meluncurkan emoji spesial.
Untuk Indonesia, emoji dapat diaktifkan dengan menggunakan #HariTagar di cuitan.
Adalah Chris Messina (@chrismessina) yang memperkenalkan penggunaan tagar 12 tahun lalu di Twitter. Dengan menggunakan simbol #, pengguna dimudahkan dalam mengelompokkan setiap percakapan di Twitter. Sebelum era emoji, tagar atau ‘hashtag’ adalah sesuatu yang sudah lebih dulu populer di Twitter.
how do you feel about using # (pound) for groups. As in #barcamp [msg]?
— Chris Messina 🏴☠️ (@chrismessina) August 23, 2007
Tagar juga telah membantu mempopulerkan berbagai percakapan terkait momen penting. Dengan menggunakan tagar, pengguna di seluruh dunia telah menjadikan Twitter sebagai platform utama untuk berdiskusi dan mengubah dunia.
Tagar populer
Pengguna Twitter di Indonesia menggunakan tagar untuk memancing percakapan dan berbagi keseruan terkait sebuah momen tertentu. Contohnya, sempat muncul tagar-tagar yang memberikan edukasi seputar gerakan sosial dan kesadaran lingkungan seperti #StopKemasanPlastik dan #StopSampahPlastik.
Ada juga beberapa tagar yang mempromosikan produk/teknologi baru, ataupun berita hiburan terkini seperti #PastiAdaJalan dan #Gundala.
Berikut ini adalah beberapa tagar yang pernah populer di linimasa Twitter di Indonesia (Januari–Juli 2019):
#Pemilu2019
Pada 17 April 2019, masyarakat Indonesia memberikan hak pilih mereka untuk memilih presiden, wakil presiden dan anggota legislatif. Tagar #Pemilu2019 pun banyak digunakan untuk berbagi dan mencari informasi seputar Pemilu 2019.
Joko Widodo & Prabowo Subianto akhirnya bertemu. Sepertinya sudah janjian nih di stasiun MRT Lebak Bulus pagi ini.
Kompak pakai pakaian putih, keduanya kemudian naik MRT menuju FX Senayan.
Jokowi-Prabowo aja udah salaman, kalian gimana?#NarasiTV #Pemilu2019 #MakanyaNgobrol pic.twitter.com/lTgV2zPs8G
— Mata Najwa (@MataNajwa) July 13, 2019
#SetorFotoPolusi
Pada awal tahun 2019, Greenpeace dan AirVisual IQ mengeluarkan sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa tingkat polusi di Jakarta adalah empat kali lebih tinggi dari standar Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Dimulai dari gerakan masyarakat, kemudian muncul tagar #SetorFotoPolusi yang berisi kumpulan foto yang menggambarkan kualitas udara di berbagai kota di Indonesia.
Kualitas udara Jakarta pagi ini masih buruk ini kondisi menyedihkan. Greenpeace sangat mendukung gerakan yang diinisiasi masyarakat untuk #SetorFotoPolusi (dengan memfoto langit yang tidak biru dan di upload via sosmed masing-masing). pic.twitter.com/PHPge2sZLA
— Greenpeace Indonesia (@GreenpeaceID) June 26, 2019
Was taken from a plane #SetorFotoPolusi pic.twitter.com/qxKmQjzC21
— ifA (@ifahnfh) June 25, 2019
#AvengersEndGame
Pada bulan Mei 2019, setelah 11 tahun dan 22 film Marvel, penonton di seluruh dunia dengan enggan menerima akhir suatu era. Selain memecahkan rekor box office, Avengers: Endgame juga menjadi film yang paling banyak dibicarakan di Twitter, dengan lebih dari 50 cuitan sejak awal tahun 2019. Para penonton di Indonesia bergabung di Twitter untuk membagikan momen-momen favorit dan emosional dari film tersebut.
50 juta Tweet? 😱
*sɴᴀᴘ*#AvengersEndgame menjadi film yang paling banyak dibicarakan di Twitter! https://t.co/XziyqmwGx9
— Twitter Indonesia (@TwitterID) May 3, 2019
Satu adegan emosional yang tak disertakan dalam versi bioskop #AvengersEndgame. Tissue mana tissue… 😭😭😭 pic.twitter.com/j8Vy5AV1uL
— Taufiqur Rizal (@TarizSolis) July 27, 2019
#HiduplahImajinasiRaya
Diciptakan oleh pengusaha dan animator Wahyu Aditya (@maswaditya) tagar #HiduplahImajinasiRaya memancing imajinasi dan kreativitas seseorang. Melalui tagar tersebut, Wahyu membagikan karya seni dan cintanya kepada sepatu olahraga dengan pengguna Twitter di Indonesia serta kebanggaannya dengan budaya Indonesia dengan seringnya menampilkan brand-brand lokal dalam karyanya.
Berikutnya mashup apa dengan apa ya? Ada saran ? #HiduplahImajinasiRaya pic.twitter.com/3R7P6OAVOB
— Wahyu Aditya (@maswaditya) June 22, 2019
#BiroJomblo
Tagar #BiroJomblo pertama kali dibuat oleh Alitt Susanto (@shitlicious), sebagai cara mempertemukan mereka yang berstatus single alias “jomblo.” Alitt sering berbagi cuitan menggunakan tagar tersebut dan mengajak pengguna yang berstatus jomblo untuk berbagi cerita lucu dengan membalas cuitannya.
Malem Minggu gak perlu bengong klo gak ada teman.
Silakan cari jodoh, teman, atau gebetan baru di sini!
Caranya cukup reply tweet ini dgn foto/video dan caption lo yg paling menarik, lalu pake hashtag #BiroJomblo ya!
Semoga sukses dan bikin #TestimoniBiroJomblo kyk yg udah2! GO!— Alitt Susanto (@shitlicious) August 10, 2019
#RecehkanTwitter
Banyak cuitan di Twitter yang dapat menciptakan kegembiraan dan membuat orang tertawa. Mulai dari permasalahan percintaan, pekerjaan dan kejadian sehari-hari; semua dapat diubah menjadi lelucon menggunakan tagar #RecehkanTwitter. Terkadang cerita-cerita receh dan ide-ide lucu dapat menjadi penghibur di kala pikiran sedang penat.
Yaampun Mager :(@Azabkuburpedih @RecehinAja @awgubluk #receh #haha #ngakak #RECEHKANTWITTER #PesanDariNetizen #GuePengen pic.twitter.com/VfMH5TFg3P
— William Tan (@WilliamLukman3) August 12, 2019
#DariHalteKeHalte
Cukup baru di Twitter, akun Dari Halte Ke Halte (@drhaltekehalte) semakin populer karena digunakan untuk berbagi lokasi restoran dan kafe baru, serta tempat-tempat menarik untuk dikunjungi di Jakarta; khususnya yang berlokasi di dekat halte bus Trans Jakarta, dan stasiun MRT, LRT dan kereta api. Tagar #DariHalteKeHalte mendukung perkembangan bisnis lokal, seringkali menyoroti kisah mengesankan pemilik toko tersebut dan mendorong masyarakat untuk menggunakan transportasi umum.
Balik lagi ke Fotkop Jl Nangka I, 350 meter dari Sta MRT Haji Nawi Exit E. Panas2 gini cocoknya minum es kopi susu Fotkop, Rp 20K. #darihaltekehalte pic.twitter.com/UUywqTfywX
— Dari Halte Ke Halte (@drhaltekehalte) August 19, 2019
#JokePuasaLawas
Pada hari pertama bulan suci Ramadan, masyarakat Indonesia meramaikan Twitter dengan tagar #JokePuasaLawas. Tagar ini berfungsi sebagai wadah untuk berbagi lelucon selama bulan puasa. Lelucon yang dibagikan pun bervariasi: mulai dari efek menahan lapar yang menimbulkan “halusinasi” melihat benda mati sebagai makanan, pendapat-pendapat lucu mengenai puasa, dan kejadian lucu lainnya.
Puasa pertama, sahur pake apa kalian?
"video cuma buat referensi anak kos" 😔#Ramadhan #JokePuasaLawas pic.twitter.com/M8XF7ow9gB— Ndēl (@hamdilach_) May 5, 2019
#WanPerfekSyot
Film merupakan topik favorit yang sering dibicarakan di Twitter. Melalui tagar #WanPerfekSyot, pengguna Twitter di Indonesia dapat mengkorelasikan kejadian sehari-hari dengan referensi di film atau merangkai judul film sendiri yang menggambarkan foto/video tersebut. Selanjutnya, pengguna juga menyebutkan nama sutradara, sinematografer atau pemain dalam cuitan tersebut.
Spider-Man: Far From Home
Director: Jon Watts
Starring: Tom Holland, Zendaya@WanPerfekSyot #wanperfeksyot pic.twitter.com/3r61N1lCZB— Nico Anggriawan (@nicoanggriawan_) February 17, 2019
#HariPertamaSekolah
Menjelang awal semester baru, anak-anak sekolah dan mahasiswa menanti hari pertama mereka kembali ke sekolah. Memanfaatkan momentum yang penuh antisipasi ini, banyak pengguna Indonesia dan bahkan brands memenuhi linimasa Twitter dengan mengekspresikan semangat tersebut.
Terima kasih kuucapkan untuk mereka yang menerjemahkan peribahasa-peribahasa di papan sekolah. #HariPertamaSekolah pic.twitter.com/hKfX2pr8ZX
— Netflix Indonesia (@NetflixID) July 15, 2019
Tips menggunakan tagar
Pengguna dapat menggunakan simbol tagar ‘#’ sebelum kata kunci atau kalimat dalam cuitan (tanpa menggunakan spasi) untuk mengklasifikasi cuitan tersebut dan membuatnya lebih mudah untuk ditemukan di Twitter. Misalnya, jika pengguna mengetik #Mudik atau #tipsmudik dalam kotak pencarian Twitter di bagian atas halaman Twitter mana pun dan menekan enter, pengguna akan mendapatkan daftar cuitan terkait dengan momen mudik Lebaran di Indonesia tiap tahunnya. Menggunakan tagar juga memungkinkan pengguna menjelajahi dunia (#jalanjalan), mendukung tim favorit olahraga populer di Indonesia (#bola, #TimnasDay, #GarudaMuda) atau ingin menikmati makanan lezat dan mencari tahu tempat terbaik untuk makan (#DariHalteKeHalte).
Menciptakan tagar yang sempurna membutuhkan perpaduan kreativitas seni dan perhitungan tepat. Berikut adalah beberapa hal yang sebaiknya dilakukan dan tidak dilakukan untuk membantu Anda mulai menggunakan tagar:
Do
- Tagar tidak perlu panjang-panjang. Tagar yang menarik adalah yang sederhana dan mudah diingat.
- Temukan sesuatu yang khas dan unik. Periksa lebih dulu, apakah tagar yang ingin digunakan sudah digunakan sebelumnya atau tidak.
- Tagar harus memiliki konteks yang jelas. Tagar harus relevan dengan topik yang ingin sampaikan.
- Berikan orang alasan untuk menggunakan tagar tersebut. Gunakan tagar itu dalam aktivitas yang memancing kreativitas untuk meningkatkan visibilitas dan penggunaan tagar.
Don’t
- Jangan berlebihan saat menggunakan tagar. Cukup menggunakan satu atau dua tagar dalam satu cuitan.
- Tagar dimaksudkan untuk menjadikan sebuah percakapan inklusif, shareable dan mudah ditemukan. Jika tagar tersebut tidak masuk dalam cuitan secara organik, pengunaannya akan merasa terpaksa dan tidak sejalan dengan tujuan yang dimaksud.
- Jangan mengharapkan orang menggunakan tagar tanpa alasan atau insentif. Tagar terpopuler adalah yang mampu menarik perhatian seseorang, membangun rasa ingin tahu, sekaligus membuat orang mau bergabung dalam percakapan tersebut.
- Jangan menggunakan huruf besar semuanya, kecuali untuk suatu akronim. Menggunakan tagar seperti ini akan menjadikan cuitan seseorang seperti sedang berteriak/marah dan membutuhkan upaya lebih dari pengguna saat mengetiknya.
Tagar dapat digunakan di mana saja pada sebuah cuitan: di awal, tengah, atau akhir. Tips bijak: ingatlah untuk hanya menggunakan tagar di cuitan yang relevan dengan topik tersebut dan jangan spam dengan tagar atau gunakan # berlebihan dalam satu cuitan.
https://selular.id/2019/08/10-tagar-yang-ramaikan-twitter-selama-2019/
No comments:
Post a Comment