Pages

Thursday, July 25, 2019

Cara Terbaik Menata Hidup Kembali Bagi Para Mantan Pecandu Narkoba

Cara Terbaik Menata Hidup Kembali Bagi Para Mantan Pecandu Narkoba

Ketika masalah kecanduan narkoba telah teratasi, tantangan berikutnya muncul saat mantan pecandu hendak kembali ke lingkungan. (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Ketika masalah kecanduan narkoba telah teratasi, tantangan berikutnya muncul saat mantan pecandu hendak kembali ke lingkungan. Apakah itu lingkungan keluarga, tempat tinggal, atau pekerjaan. Karena umumnya orang lain tidak mudah percaya bahwa seorang mantan pecandu benar - benar bersih selamanya dari kecanduannya. 

Seperti dialami banyak pesohor yang pernah tersangkut kasus narkoba, rata-rata cukup sulit untuk bisa kembali menjalani berbagai aktivitas dengan normal. Beberapa harus bekerja dari nol lagi untuk kembali mendapatkan kepercayaan. Ketika Ammar Zoni tersandung masalah yang sama, banyak orang langsung menyebut bahwa kariernya akan mati. 

(Depositphotos)

(Depositphotos)

Alih-alih menjadikan keraguan banyak orang sebagai sumber stres baru, maka ketika kelak seorang pecandu telah menjadi mantan pecandu, langkah terbaik yang harus dilakukan pertama kali adalah lebih fokus pada diri sendiri. Yaitu bagaimana agar perbuatannya itu disadari sebagai perbuatan yang salah dan berdosa.

"Pastikan tidak terulang, tergoda untuk kembali menjadi pecandu, memperbaiki kualitas hidup pribadi, termasuk siap dengan segala konsekuensi negatif, di antaranya sanksi sosial," buka Anggia Chirsanti, konselor dan terapis di Biro Konsultasi Psikologi Westaria. 

Disampaikan Anggia Chrisanti lebih lanjut, bahwa seorang mantan pecandu tidak perlu menghabiskan waktu membela diri dan membuktikan apa pun. Cukup fokus pada diri sendiri dan kehidupan sendiri di masa yang akan datang.   

"Jika konsisten dan sungguh-sungguh dalam perbaikan, kehidupan pun berangsur akan membaik," kata Anggia Chrisanti. "Pun demikian dengan pandangan atau rasa tidak percaya orang-orang, dengan sendirinya akan sirna," pungkasnya. 

(wida)

Rekomendasi

Let's block ads! (Why?)

https://aura.tabloidbintang.com/articles/psikologi/133692-cara-terbaik-menata-hidup-kembali-bagi-para-mantan-pecandu-narkoba

No comments:

Post a Comment