Pages

Thursday, September 27, 2018

Viral Video 'Free Hug' Serukan Perdamaian Bobotoh-Jakmania

Jakarta, CNN Indonesia -- Sebuah video ajakan seruan perdamaian suporter Bobotoh dan The Jakmania menjadi viral dalam beberapa hari terakhir. Eko Permadi, sosok pria dalam video tersebut, mengaku hanya ingin melihat seluruh suporter Indonesia berdamai.

Menggunakan pakaian oranye dengan logo Persija Jakarta di bagian tengah, Eko melakukan aksi free hug. Dalam video berdurasi 25 detik itu, Eko tampak memegang sebuah kertas bertuliskan: "Aing Persib, Gue Persija, Kita Indonesia. Peluk Aku Jika Setuju."

"Suporter Indonesia Damai! Suporter Indonesia Damai! Bandung Damai, Jakarta Damai" seru Eko dalam video yang diunggah di akun Instagram @eko_satpam pada Selasa (25/9).

Eko juga menambahkan keterangan dalam video yang diunggahnya dengan tulisan, "Saya hanya berusaha untuk mendinginkan suasana ini tanpa ada maksud tertentu. Hampura."

Haringga Sirla dikeroyok hingga tewas oleh oknum Bobotoh.Haringga Sirla dikeroyok hingga tewas oleh oknum Bobotoh. (ANTARA FOTO/Dedhez Anggara)
Tampak sejumlah warga yang melintas merespons aksi Eko. Bukti masyarakat yang memeluknya sebagai tanda setuju. Hingga Kamis (27/9) siang, video yang diunggah Eko telah mendapat lebih dari 570 ribu likes.

Setelah aksi Free Hug di Gedung Merdeka, Jalan Asia Afrika, Kota Bandung, Eko melanjutkan aksi serupa di kawasan Gasibu Bandung pada Rabu (26/9) sore.

"Ya, saya melakukannya atas inisiatif pribadi. Kemarin di Gedung Merdeka dari jam 12 sampai jam 1 siang. Tadi sore di Gasibu jam 4 sampai setengah 6 sore," kata Eko saat dihubungi CNNIndonesia.com.

[Gambas:Instagram]
Eko mengaku aksi tersebut dilakukan bukan semata mencari perhatian masyarakat, namun lebih kepada bentuk ajakan berdamai untuk dua kubu suporter menyusul meninggalnya anggota Jakmania Haringga Sirla oleh oknum Bobotoh di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Minggu (23/9).

"Sedih saja melihat suporter Indonesia, mereka lebih mementingkan loyalitas tapi kelewat batas. [Aksi mengeroyok] adalah bentuk fanatisme yang berlebihan. Alhamdulillah warga merespons dengan baik [video yang dibuatnya]," ucap Eko.

"Besok, rencananya saya akan lakukan di Purwakarta. Semangatnya sama, yaitu ingin suporter bersatu tidak hanya antara Persib dan Persija tapi di Indonesia," ujar Eko. (hyg/har)

Let's block ads! (Why?)

https://www.cnnindonesia.com/olahraga/20180927121416-147-333647/viral-video-free-hug-serukan-perdamaian-bobotoh-jakmania

No comments:

Post a Comment