Pages

Friday, July 5, 2019

Jangan Sepelekan Program Magang, Ini Alasannya!

Jangan Sepelekan Program Magang, Ini Alasannya!

Ilustrasi (Depositphotos.com)

TABLOIDBINTANG.COM - Sebulan sudah Mia magang di sebuah kantor akuntan publik. Minggu pertama magang, Mia berkeluh kesah karena sudah dibebani pekerjaan berat plus bonus dimarahi klien.

"Gue, kan cuma anak magang, kalau ada yang salah diajari dong, jangan dimarah-marahi begitu," keluh seorang mahasiswi tingkat akhir itu. 

Pengalaman Mia bukan satu-satunya. Keluhan-keluhan lain banyak terlontar dari mahasiswa yang menjalani program magang. Mulai dari kesulitan mencari perusahaan yang mau menerima pegawai magang, pekerjaan yang dibebankan terlalu berat, atau tak diberi pekerjaan sesuai bidang studi yang digeluti, bahkan ada pula yang merasa magangnya tak sesuai harapan. Bagi sebagian mahasiswa, program magang bagian dari program studi yang harus dilalui demi mendapatkan gelar sarjana.

Jangan sepelekan program magang. Sesungguhnya ini salah satu cara menguji kesiapan Anda memasuki dunia kerja. Bayangkan saja begini, saat mencari perusahaan yang menerima mahasiswa magang, berarti Anda berada pada tahap pencarian kerja. Saat mendapatkan perusahaan yang menerima, di situlah Anda mulai memasuki dunia kerja.

Apakah akan sesuai harapan? Belum tentu. Jika fakta yang terjadi seperti pengalaman Mia, Anda langsung diberikan tanggung jawab menangani pekerjaan dan berhadapan dengan klien, ambillah tanggung jawab itu seolah-olah Anda sudah ada di dunia kerja. Pikiran bahwa Anda masih anak magang, belum punya pengalaman, buang jauh-jauh.

Anggaplah Anda pegawai baru di perusahaan itu. Gunakan pola pikir seorang karyawan yang dibayar untuk bekerja di perusahaan. Tapi Anda tak dibayar? Ini juga perlu diluruskan. Sebagai pegawai magang, Anda tentu akan mendapat bayaran. Bukan berupa uang gaji, tetapi nilai untuk mata kuliah, dan bayaran paling tak ternilai adalah pengalaman. Ya, pengalaman merupakan salah satu pendukung saat nantinya Anda benar-benar terjun ke dunia kerja.

Para lulusan baru dengan pengalaman magang dalam CV mereka akan mendapat kesempatan jauh lebih baik saat mencari pekerjaan setelah lulus. Para pelajar menjalani program magang sebelum lulus dan banyak dari mereka yang mengambil program magang tanpa bayaran dengan harapan mendapat posisi permanen setelah lulus, atau setidaknya sebagai jalan membangun jaringan kerja dan menambah pengalaman dalam CV nantinya,"

Rekomendasi

Let's block ads! (Why?)

https://aura.tabloidbintang.com/articles/psikologi/132486-jangan-sepelekan-program-magang-ini-alasannya

No comments:

Post a Comment