Pages

Thursday, May 2, 2019

Bawa Cokelat untuk Oleh-oleh, Ini Tips agar Tak Mudah Meleleh

Bawa Cokelat untuk Oleh-oleh, Ini Tips agar Tak Mudah Meleleh

Bagaimana agar cokelat tidak cepat meleleh? (ilustrasi Deposit Photos)

TABLOIDBINTANG.COM - Cokelat adalah oleh-oleh yang lazim dibawa setelah pulang liburan. Ada banyak jenis cokelat yang dapat dipilih sebagai buah tangan. Ada cokelat batangan, cokelat permen, cokelat dengan bentuk yang menarik, dan lainnya.

Untuk diketahui, tak semua cokelat bertekstur keras. Ada yang langsung lumat ketika digigit sehingga mudah meleleh pada suhu tertentu. Lantas bagaimana membawa cokelat oleh-oleh agar tetap terjaga bentuk dan rasanya sampai di rumah?

Marketing Communication Chocolate Monggo Aji Prasida menjelaskan, secara umum ada dua jenis cokelat, yaitu compound dan couverture. Komposisi cokelat compound merupakan campuran cocoa powder atau bubuk kakao dengan lemak nabati. Tekstur cokelat compound lebih keras.

Adapun komposisi cokelat couverture terdiri dari campuran cocoa butter atau lemak kakao dengan cocoa mass atau massa kakao itu sendiri. Teksturnya mudah meleleh. "Kualitasnya lebih bagus karena pakai lemak dari buah cokelat,” kata Aji di showroom Chocolate Monggo di Kotagede, Yogyakarta, Sabtu, 27 April 2019.

Jika membawa cokelat sebagai oleh-oleh, Aji Prasida menyarankan jangan menyimpan cokelat di dalam tas yang tertutup sangat rapat atau pengap. Jika ini terjadi, biasanya akan muncul bercak-bercak putih atau kecokelatan pada permukaan cokelat karena fatbloom dan sugarbloom. "Tapi cokelat seperti itu masih layak makan. Hanya tampilannya saja kurang menarik," kata Aji.

Cokelat disarankan disimpan dalam suhu ruangan 15-18 derajat Celcius. Apabila membawa cokelat dalam jumlah banyak dan menempuh perjalanan jauh, sebaiknya dimasukkan ke dalam cooler box atau kotak pendingin. "Ketika membeli cokelat untuk oleh-oleh dan menggunakan pesawat, sebaiknya bawa ke kabin pesawat ketimbang ditaruh di dalam koper dan masuk bagasi," kata Aji.

TEMPO.CO

Rekomendasi

Let's block ads! (Why?)

https://aura.tabloidbintang.com/articles/tip-n-trik/128732-bawa-cokelat-untuk-oleh-oleh-ini-tips-agar-tak-mudah-meleleh

No comments:

Post a Comment