Pages

Friday, May 3, 2019

Banyak Pengantin Baru Rentan Mengalami Ketegangan di Bulan Puasa, Ini Sebabnya!

Banyak Pengantin Baru Rentan Mengalami Ketegangan di Bulan Puasa, Ini Sebabnya!

Ilustrasi (Depositphotos.com)

TABLOIDBINTANG.COM - Katanya menikah itu paling enak menjelang bulan puasa. Karena sahur ada yang menemani. Buka puasa atau tarawih bareng serasa kencan karena bisa tunggu-tungguan atau janjian bertemu di suatu tempat makan.

Pada kenyataannya, tidak semuanya berlangsung mulus. Banyak pasangan baru malah rentan mengalami ketegangan yang lebih tinggi di bulan puasa.

Logikanya, bagi pasangan baru, mencari kecocokan berumah tangga pada kondisi normal saja (di luar bulan puasa) sudah terbilang berat. Apalagi di bulan puasa, dengan tingkat kemanjaan dan rasa ingin diperhatikan pada individu yang semakin meningkat. "Itulah realitasnya," cetus psikolog Anggia Chrisanti Wiranto.

"Banyak ide-ide normatif tentang manfaat bulan puasa termasuk bagi para pasangan baru. Bahwa mereka bisa menjadikan kebersamaan di bulan Ramadhan sebagai sarana untuk mempererat hubungan suami-istri. Sahur dan berbuka bersama, shalat berjamaah dan tarawih bareng, sama-sama belajar menguatkan iman dan ketakwaan, dan lain-lain. Yang intinya, kalau hati senang, semua orang akan senang melakukan hal apa pun, apalagi dengan orang yang dicintai. Kenyataannya, bulan puasa malah berpotensi menyuguhkan banyak kekurangan pasangan satu sama lain," beber Anggia.

Sebagai ilustrasi, seorang perempuan menikah harus mulai memperhatikan kebutuhan makan pasangannya, yaitu suami. Tidak terlalu masalah bagi seseorang yang terbiasa mengurusi keperluan rumah tangga, termasuk memasak sejak dini.

Tetapi bagi yang belum terbiasa, urusan dapur di bulan puasa tentu memberi tantangan yang lebih berat daripada urusan dapur di waktu normal. Karena saat bulan puasa cenderung makan bersama-sama, apa yang sebelumnya tidak terlalu kentara, malah sangat terlihat.

"Dalam Ramadhan, memang ada nilai-nilai lebih, yakni kebersamaan. Tetapi justru inilah yang terkadang menimbulkan masalah baru,"

Rekomendasi

Let's block ads! (Why?)

https://aura.tabloidbintang.com/articles/psikologi/128805-banyak-pengantin-baru-rentan-mengalami-ketegangan-di-bulan-puasa-ini-sebabnya

No comments:

Post a Comment