Pages

Wednesday, September 26, 2018

Lewat Video Keluarga Khong Guan, Kubu Jokowi Lawan Serangan

TABLOIDBINTANG.COM - Ipang Wahid, Wakil Direktur Komunikasi Politik Tim Kampanye Nasional Koalisi Indonesia Kerja tak menampik video keluarga Khong Guan dibuat oleh tim-nya. Video itu merupakan bagian dari upaya meng-counter berbagai serangan yang menyangkut isu-isu ekonomi.

Pada dasarnya, kata Ipang Wahid, video keluarga Khong Guan dibuat sesuai arahan calon presiden inkumben Jokowi untuk membuat kampanye yang kreatif, cerdas dan jauh dari hoaks. Jokowi juga berpesan dalam pilpres 2019 ini merupakan pertarungan gagasan, baik yang berupa visi ke depan, maupun capaian-capaian kinerja pemerintah dalam empat tahun ini.

"Kami harus menyampaikan hal-hal yang berat dengan sederhana dan mudah dicerna. Dikemas menghibur dan targetnya viral," ujar Ipang Wahid di Jakarta pada Rabu, 26 September 2018.

Video berdurasi 1 menit 50 detik tersebut ada cerita tentang dua anak yang mirip tokoh di logo kaleng Khong Guan, mengadu malu kepada ibu mereka akan cibiran netizen soal sosok ayah yang tidak pernah ditampilkan dalam logo Khong Guan. Tokoh Ibu dalam video ingin menyampaikan alasan mengapa sosok ayah tak pernah ada dalam gambar. “Sebenarnya ibu ingin mengatakan yang sesungguhnya kepada kalian tapi ibu takut. Ibu takut dibilang kampanye. Ayahmu sekarang tidak nganggur lagi, Nak,” ujarnya dalam video itu.

Sang ibu menceritakan soal ayah mereka sudah bisa bekerja akibat program pemerintahan Presiden Jokowi. Sehingga membuat keluarga mereka bisa makan dengan makanan yang lebih enak. Sang ibu juga menceritakan bahwa pemerintah berhasil menurunkan angka pengangguran hingga 5,13 persen. 

Data tersebut diungkapkan, kata Ipang Wahid, bukan tanpa alasan. Belakangan, ujarnya, banyak data yang tidak sesuai kenyataan menjadi konsumsi publik, sehingga perlu diluruskan. "Jadi, data-data yang sebenarnya kita masukkan dalam konten kreatif. Enggak usah berat-berat, yang penting nempel di kepala orang," ujar pria yang sudah 30 tahun berkecimpung di dunia periklanan tersebut.

Ipang Wahid menambahkan, ada banyak video kreatif yang dibuat mencakup berbagai isu. Ada juga beberapa jingle yang dibuat untuk kampanye Jokowi-Ma'ruf. Dari beberapa video yang ditunjukkan Ipang, ada yang menggunakan konten-konten seni kebudayaan ketika pembukaan Asian Games 2018, dan kemudian dikemas dengan lagu-lagu yang enak didengar. Ada juga video singkat bergaya modern yang berisi berbagai capaian pemerintahan Jokowi selama empat tahun, mulai dari kebijakan BBM 1 harga, Freeport kembali, pembangunan LRT, MRT, tol laut, transpapua, adanya dana desa, dan banyak program serta capaian pemerintah lainnya.

TEMPO.CO

Let's block ads! (Why?)

https://www.tabloidbintang.com/berita/peristiwa/read/112495/lewat-video-keluarga-khong-guan-kubu-jokowi-lawan-serangan

No comments:

Post a Comment